Mesin Penghancur Kertas

Pengertian, Fungsi, Cara Penggunaan, serta Cara Memperbaiki Mesin Penghancur Kertas – Di beberapa kantor biasanya terdapat sebuah mesin yang digunakan untuk menghancurkan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai lagi agar tidak terjadi penumpukan sampah akibat file atau berkas lama yang sudah tidak dibutuhkan. Dengan begitu, lemari penyimpanan kantor juga akan lebih lapang dan bisa memuat file baru.

Fungsi Alat Penghancur Kertas

Biasanya, alat penghancur kertas atau paper shadder ini berfungsi untuk memusnahkan dokumen penting atau dokumen rahasia di perusahaan yang tercetak di kertas.

Tak hanya untuk menghancurkan kertas saja, alat ini juga bisa digunakan untuk menghancurkan kartu kredit dan kepingan CD yang sudah tidak terpakai lagi dan kemungkinan digunakan untuk menyimpan data penting yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Fitur-Fitur Alat Penghancur Kertas

Pada beberapa alat penghancur kertas dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya, di antaranya:

  1. Lubang masuk kertas super kecil

Di setiap mesin penghancur kertas pasti terdapat fitur ini, yaitu lubang yang digunakan untuk memasukkan kertas berukuran kecil. Hal tersebut dibuat agar jari tangan pengguna tidak tertarik ke dalam mekanisme shredding.

  1. Penghancur kertas otomatis

Tak semua alat penghancur kertas memiliki fitur penghancur kertas secara otomatis, tetapi ada beberapa tipe yang memiliki fitur ini. Fitur ini berfungsi untuk menghancurkan kertas dalam jumlah banyak sekaligus tanpa perlu diawasi atau bisa ditinggalkan untuk melakukan hal lainnya.

Tips Memilih Alat Penghancur Kertas

Sebelum memutuskan untuk membeli alat penghancur kertas, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips atau panduan dalam memilih alat tersebut. Hal ini bertujuan agar alat penghancur kertas yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Berikut tips atau panduan dalam memilih alat penghancur kertas.

  1. Perhatikan Mereknya

Tak dapat dipungkiri bahwa merek sebuah produk mewakili kualitas produk yang diproduksinya. Untuk itu, dalam memilih alat penghancur kertas ini Anda juga perlu memperhatikan merek alat tersebut sebelum membelinya. Sebab, ada banyak merek alat penghancur kertas yang beredar di pasaran. Pastikan mesin dari setiap merek tersebut adalah produk baru dan asli, serta memiliki garansi resmi.

  1. Bandingkan Harganya

Alat penghancur kertas dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain fungsi dan mereknya.

Mesin penghancur kertas ideal tentu dijual dengan harga yang sesuai dengan fungsi dan kualitasnya. Untuk itu, setelah mengetahui tujuan Anda membutuhkan alat tersebut, Anda harus mencari tahu tentang harga dari berbagai jenis dan merek alat penghancur kertas. Hal tersebut juga berguna untuk disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

  1. Sesuaikan Lebar Kertas

Kertas yang mau dihancurkan dengan alat penghancur kertas tentunya berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan ukuran mesin dengan lebar kertas yang akan Anda hancurkan. Pilihlah mesin dengan ukuran yang tidak terlalu jauh dari apa yang Anda butuhkan.

  1. Ketahui Hasil Potongan Kertas

Hasil potongan kertas dari masing-masing mesin penghancur tidak sama. Jika Anda tak mempermasalahkan hasil potongan kertas dari alat tersebut, Anda bisa memilih mesin mana saja. Namun, jika itu memiliki pengaruh untuk satu dan lain hal, Anda perlu memperhatikan hasil potongan kertas dari alat tersebut sebelum membelinya.

  1. Volume Bak Penampung

Alat penghancur kertas juga memiliki bak penampung dengan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari mesin penghancur kertas kecil, sedang, hingga mesin penghancur kertas besar. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Cara Pengoperasian atau Penggunaan Alat Penghancur Kertas

Sebelum menggunakan alat penghancur kertas, ketahui terlebih dahulu caranya agar Anda tidak merusak fungsi alat tersebut. Berikut cara menggunakan alat penghancur kertas:

  1. Pastikan kabel alat penghancur kertas sudah tersambung ke stopkontak.
  2. Pastikan arus listrik mengalir pada kabel
  3. Periksa kertas sebelum dimasukkan ke mesin. Pastikan benda-benda yang dapat merusak mesin seperti staples, klip, atau benda logam lainnya sudah tidak ada yang terselip pada dokumen.
  4. Letakkan dokumen atau kertas yang akan Anda hancurkan pada mata pisau alat penghancur kertas.
  5. Pegang kertas tersebut dengan hati-hati agar tangan Anda tidak terluka, lalu nyalakan mesin tersebut.
  6. Matikan mesin setelah semua lembaran kertas atau dokumen tersebut telah selesai dihancurkan.
  7. Jangan lupa mencabut kembali kabel dari stopkontak.

Cara Memelihara Alat Penghancur Kertas

Kualitas dari alat penghancur kertas yang dibeli mungkin memengaruhi faktor awet atau tidaknya mesin tersebut. Namun, faktor utama sebuah alat berfungsi dengan baik dan lebih tahan lama umunya adalah karena faktor penggunaan dan perawatannya.

Mesin penghancur kertas terbaik sekali pun tidak akan bisa awet jika pengguna atau pemiliknya tidak merawat mesin tersebut dengan baik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat alat penghancur kertas.

  1. Bersihkan seluruh permukaan mesin dengan kain yang lembut agar terhindar dari debu.
  2. Letakkanlah alat penghancur kertas pada tempat yang kering untuk menghindari erosi.
  3. Asah kembali pisau mesin yang telah tumpul seperti halnya Anda mengasah gunting.
  4. Jangan pernah memasukkan kertas yang masih terdapat kawat Staples ke dalam mesin. Hal tersebut dapat merusak mata pisau.
  5. Masukkanlah kertas ke dalam mesin maksimal tiga lembar saja. Jangan memasukkan kertas hingga tujuh lembar bahkan lebih, sebab dapat membuat mesin menjadi macet.
  6. Agar dokumen mudah masuk ke dalam mesin, buanglah kertas yang telah hancur di mesin.
  7. Hindari kertas yang basah untuk dihancurkan menggunakan mesin penghancur.
  8. Jauhkan mesin dari magnet agar kinerja mesin tidak terganggu.

Cara Memperbaiki Mesin Penghancur Kertas Manual

Kendala yang sering dihadapi pada alat penghancur kertas adalah mesin menjadi macet sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Pertama sekali Anda harus melepaskan steker untuk menjamin keamanan Anda saat memperbaiki mesin. Sebab, Anda perlu menggunakan tangan dan beberapa alat untuk memperbaiki mesin.
  2. Jika memungkinkan, lepas bagian atas perobek. Anda akan lebih mudah mengakses bagian mekanikal dan pembuangan pada mesin jika bisa melepas bagian yang digunakan untuk merobek kertas.
  3. Untuk dapat menarik sisa robekan kertas dari bilah, gunakanlah pinset. Sebab, jari Anda tidak akan muat bisa dimasukkan ke dalamnya untuk menarik sisa kertas. Usahakan tarik kertas dari atas dan juga bawah shredder untuk mengetahui lebih jauh penyebab mesin macet.
  4. Kemacetan yang disebabkan karena kertas biasanya membuat kertas kusut dan tergulung dalam shredder. Untuk mengatasinya, gunakan satu sisi gunting atau pisau tajam untuk memotong kertas agar mesin kembali berfungsi dengan baik.
  5. Jika terdapat kertas atau plastik yang nyangkut pada bilah shredder, Anda bisa menggunakan obeng untuk menariknya. Namun, lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bilah mesin.
  6. Gunakan kertas karton yang kaku dan keras ke dalam mesin untuk mendorong kertas yang macet di dalamnya. Jika hal ini tidak berfungsi, jangan teruskan dan beralihlah ke metode lain.
  7. Teteskan oli shredder pada bagian kemacetan yang paling parah. Diamkan selama setengah jam dan nyalakan kembali dalam mode forward.
  8. Nyalakan mesin dalam mode reverse dan coba masukkan selembar kertas.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai mesin penghancur kertas. Pastikan Anda menggunakan dan merawatnya dengan baik untuk menghindari kerusakan.

Add Comment