Cara Memperbaiki Mesin Jahit Singer

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Singer Paling Mudah Ditiru. Sejak kecil saya familiar melihat ibu saya menjahit. Hampir tak pernah ibu membeli baju saking sudah banyaknya hasil jahitannya. Tiap bulan hampir selalu ada karya baru yang akan menghiasi lemari.

Mesin jahit yang ibu pakai sejak dulu bermerk singer. Saya dulu bingung juga mengapa dinamakan singer. Mungkin karena memang bunyinya yang sesuai irama layaknya seorang penyanyi yang mengalunkan nada. Sebagai pengguna si mesin dengan sangat aktif, ibu sampai tahu kapan momen si mesin sumbang suaranya.

Asal Mula Mesin Jahit

Awal penemuan mesin jahit, dikenalkan pertama kali oleh Thomas Saint pada tahun 1790, adalah berujung kegagalan. Semenjak saat itulah orang mulai berlomba membuat mesin jahit. Satu orang yang pada akhirnya berhasil adalah Barthelemy Thimonnier asal Perancis pada tahun 1830. Belum bicara tentang cara memperbaiki mesin jahit singer, orang tak menerima karena disangka malah akan membuat orang kehilangan pekerjaannya.

Keberhasilan penemuan mesin jahit adalah pada tahun 1860, ketika Isaac Singer menemukan sebuah mesin yang dapat digerakkan dengan cara mengayuh pedal dan sukses di pasaran. Itulah asal darimana merk singer berasal.

Bagaimana Sebenarnya Mesin Jahit Singer Bekerja

Prinsip kerja mesin jahit adalah menyatukan dua bahan, bisa kain, atau kulit, melalui perantara benang yang ditusukan ke dua bahan tadi menggunakan jarum. Sebelum mengenal mesin, manusia melakukannya dengan menggunakan benang dan jarum saja.

Secara detail, dapat dirinci apa yang terjadi pada mesin jahit khususnya yang Anda sering lihat di tukang jahit atau di rumah milik ibu Anda.

Secara umum mesin jahit menggunakan 2 benang. Satu berada di jarum berlubang, dan satu lagi di bagian bawah, digulung dalam sekocil.

Benang yang berada pada jarum adalah yang akan menembus bahan yang dijahit .

Ketika akan kembali jarum terangkat ke atas, maka benang pertama akan terbawa kembali ke atas. Namun kemudian ada kait yang berada di luar sekoci menarik benang pertama.

Benang kedua akan masuk ke kaitan hook tadi sehingga melintasi benang pertama.

Ketika benang pertama naik ke atas, secara otomatis akan menghasilkan kuncian atas benang kedua yang sudah melintas. Kuncian ini sangat kencang sehingga lengkungan hook tidak terlihat lagi.

Mesin Jahit Singet Menurut Kegunaannya

Pada dasarnya mesin jahit ada dua macam, yang dipakai untuk industri dan untuk rumah tangga. Mesin jahit industri biasanya punya kecepatan yang tinggi dan daya tahan pemakaian lama karena harus bisa penuhi kuota pelanggan. Sedangkan kalau di rumah tangga lebih sederhana yang penting bisa memenuhi kebutuhan pribadi. Tentunya cara memperbaiki mesin jahit singer rumah tangga pun akan lebih mudah juga.

Masalah Yang Dihadapi Oleh Mesin Jahit

Namanya juga mesin buatan manusia, tentu tak selalu mulus kerjanya. Mesin jahit pun demikian. Asal bisa mengenali masalahnya, tentu Anda akan bisa melakukan langkah perbaikan sebisanya secara mandiri.

Benang Kusut, adalah yang pertama sering menjadi masalah bagi para pecinta jahit menjahit. Pasalnya yang lebih besar, akibat benang kusut maka mesin pun bisa kurang mulus jalannya.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Manual

Cara memperbaiki mesin jahit manual adalah mengganti benang dengan yang baru. Sebab tak jarang benang lama sudah kehilangan kemampuan tarik dan ulur yang tepat lagi. Pastikan juga semua prosedur pemasangan benang sudah tepat. Dan jarum yang digunakan pada bahan pun sudah benar.

Sering putus benang jahitnya. Salah satu penyebabnya adalah kualitas benang yang tidak bagus, pasang benang, jarum jahit rusak atau tak cocok dengan benang, atau jalan mesin terlalu cepat.

Jika ini masalah yang dihadapi maka cek ulang apa sangkutan benang sudah terpasang benar. Pastikan jarum jahitnya tajam. Sesuaikan nomor jarum dengan nomor benang dan ketebalan kain.

Sering patah jarumnya. Kemungkinan paling sering terjadi apabila bahannya yang dipakai tidak sesuai untuk jarum tersebut. Pemasangan jarumnya salah, atau jarum yang dipasang kena sepatu bisa pula membuat jarum sering patah.

Jarum memiliki ukuran tertentu untuk dipakai pada bahan yang tepat. Jika nomor yang dipakai salah, maka jarum akan rawan patah. Semakin kecil nomor jarum, maka akan cocok untuk bahan yang tipis. Semakin besar nomornya cocok untuk  bahan yang lebih tebal.

Mesinnya macet. Kemacetan mesin adalah kesimpulan dari semua hal yang terjadi di atas. Umumnya benang yang kusut akan membuat mesin terhenti.

Cara memperbaiki mesin jahit singer dengan masalah ini adalah melepaskan benang dan sekoci, memastikan kenop putar mesin bisa maju atau mundur jika diputar dengan tangan, lalu membersihkan sisa benang yang tersangkut di sekitar sekoci.

Mesinnya berisik. Sebab umum keberisikan adalah minyak mesin yang tidak menempel di batang jarum. Kalau jarumnya berkualitas di bawah standar pun akan mudah rusak dan potensi menimbulkan bunyi.

Salah satu preventif sekaligus cara memperbaiki mesin jahit standar yang berisik adalah rutin memberikan minyak pelumas di bagian-bagian mesin yang bergesekan saat menyala. Jika masalahnya di jarum, maka bersihkan sisa-sisa di jarum dengan minyak atau ganti jarum dengan yang baru.

Hasil jahitan yang kurang prima. Ada tiga masalah besar pada hasil jahitan yang harus dicari solusinya.

Hasil jahitan mengkerut merata. Kalau ini yang terjadi Anda perlu meregangkan ketegangan pada bagian benang bawah. Anda harus memerikasa sekoci dan memeriksa ukuran jarum dengan bahan yang dijahit.

Jarum yang sudah tumpul sangat mungkin membuat jahitan jadi tidak merata karena bisa menarik anyaman kain. Cara memperbaiki mesin jahit singer  ini tak lain adalah mengganti jarum dengan yang baru.

 

Kalau benang yang atas pada jarum dan yang di bawah pada sekoci tidak seimbang, maka hasil jahitan bisa jadi kendur. Hal itu bisa terjadi karena tegangan antara keduanya tak imbang. Hal yang harus dilakukan adalah memutar pengatur ketegangan benang sampai tercipta keseimbangan

Inkonsistensi hasil jahitan bisa terjadi apabila jarum tumpul.

Kainnya mandek tidak berjalan saat mesin menyala. Penyebab paling sering adalah karena benang tersangkut di bawah bahan. Selain itu bisa juga benang tidak keluar pada alur yang benar, tekanan sepatunya salah, atau hasil gulungan benangnya tidak rapi.

Untuk mengatasinya pastikan setelan mesin sudah tepat sehingga jalan mesin akan prima.

Jika terjadi masalah, membaca kembali buku manual mesin adalah juga solusinya. Salah satu informasi penting di sana adalah mengetahui tata cara memberi minyak pada mesin. Perhatikan juga kebersihan komponen mesin, terutama gigi mesin supaya tidak aus dan berisik.

Sedangkan untuk memastikan kualitas jahitan yang prima, maka jangan lupa mengunci jahitan baik di awal mulai atau di akhirnya. Selalu pegang ujung benang pada jarum supaya tak ikut masuk ke dalamnya.

Demikian masalah dan cara memperbaiki mesin jahit singer yang bisa jadi panduan awal Anda. Jika masalah terus berlanjut, silahkan hubungi tukang reparasi langganan Anda.

 

Add Comment